Hukum dan Peraturan Taurat

Unordered List

Saturday 20 February 2016


613 MITSVOT



"MITSVOT" adalah bentuk jamak dari "MITSVAH", artinya adalah "perintah".

* Kejadian 26:5
LAI TB, karena Abraham telah mendengarkan firman-Ku dan memelihara kewajibannya kepada-Ku, yaitu segala perintah, ketetapan dan hukum-Ku.
KJV, Because that Abraham obeyed my voice, and kept my charge, my commandments, my statutes, and my laws.
Hebrew,
עֵקֶב אֲשֶׁר־שָׁמַע אַבְרָהָם בְּקֹלִי וַיִּשְׁמֹר מִשְׁמַרְתִּי מִצְוֹתַי חֻקֹּותַי וְתֹורֹתָי׃
Translit, 'EQEV 'ASYER-SYAMA' 'AVRAHAM BEQOLI VAYISYMOR MISYMARTI MITSVOTAY KHUQOTAY VETOROTAY

Ayat di atas membedakan antara "MITSVOTAY", yaitu
מצות - "MITSVOT" plus akhiran pronominal "YOD", "-Ku", "perintah-perintah-Ku"; dengan "KHUQOTAY", "ketetapan-ketetapan-Ku" dan "TOROTAY", "taurat-taurat-Ku" atau "hukum-hukum-Ku".

מצות - "MITSVOT" adalah penjabaran dari Taurat Musa, disusun oleh para rabi Yahudi (rabi Rambam dan dimuat dalam Misyneh Torah dan Talmud, traktat Makot) menjadi 613 buah.

Ke-613 "MITSVOT" ini terdiri atas 248
מצות עשה - "MITSVOT 'ASEH" (perintah) dan 365 מצות לא תעשה - "MITSVOT LO TA'ASEH" (larangan). Angka 248 merupakan jumlah tulang dalam tubuh manusia, dan 365 adalah jumlah hari dalam satu tahun.


Nilai kata "TORAH", TAV-VAV-RESY-HE' adalah 611, TAV bernilai 400, VAV 6, RESY 200, dan HE' 5.

Angka 611 ini ditambah 2 yaitu dua perintah awal dari Sepuluh Firman yang ditulis dalam bentuk orang pertama tunggal, 'ANOKHI YHVH 'ELOHEYKHA (Aku, TUHAN Allahmu) yaitu Keluaran 20:2 dan 5.

Sebagian 'MITSVOT' tidak dilaksanakan terutama yang berhubungan dengan Bait Allah, misalnya korban-korban dan pelayanan di Bait Allah karena Bait Allah tidak ada lagi di Yerusalem.

Kemudian 'MITSVOT' yang mengatur tentang prosedur kriminal karena negara Israel dewasa ini berbeda dengan kerajaan teokratis Israel tempo doeloe.


Belakangan ini -- ada yang menghitung -- tinggal 77 'mitsvot' positif dan 194 'mitsvot' negatif yang masih dilaksanakan di antaranya yang menyangkut apa yang dilakukan saat bangun tidur, apa yang boleh dan tidak boleh dimakan, apa yang boleh dan tidak boleh dikenakan (pakaian), bagaimana mengatur urusan sehari-hari, tentang pernikahan, tentang hari-hari raya dan Sabat, tentang ibadah, tentang perlakuan terhadap orang non-Yahudi dan hewan.

21:47:00   Posted by Pakdhe aswin in with No comments

0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search